Friday 20 March 2015

Gunung Sago, Memiliki Panorama Alam Yang Indah

Gunung Sago di Kabupaten Lima Puluh Kota – Payakumbuh adalah gugusan gunung di pegunungan bukit barisan. Gunung Sago memiliki ketinggian 2261 meter dari permukaan laut. Gunung ini termasuk gunung api yang masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 1600-an. Namun pada tahun 2008 terpantau aktivitas Gunung Sago oleh pusat geologi dan diperkuat oleh satelit Google.

Keindahan puncak GunungSago
Gunung Sago memiliki panorama alam yang patut untuk dikagumi. Gunung yang terletak di dua kabupaten ini dikenal juga dengan nama Gunung Malintang. Lokasi gunung ini dapat ditempuh dalam 5 jam perjalanan dari Kota Padang.

Gunung Sago memiliki danau di puncaknya yang bernama Danau Tingga. Danau ini memiliki air berwarna hijau dengan bau khas belerang. Danau ini sangat indah dan luas. Luas danau kurang lebih 1,5 km2. Danau Tingga di kelilingi oleh 3 puncak Gunung Sago.

Perayaan adat Bakajang di kaki Gunung Sago
Bagi yang ingin berwisata ke Kabupaten Lima Puluh Kota Payakumbuh sebaiknya memilih saat liburan Idul Fitri. Pada saat itu ada acara Bakajang yang digelar sekali dalam setahun. Bakajang berbentuk seperti kapal yang dibuat dari sampan berdinding triplek yang diberi lubang. Biasanya terdapat lima buah kajang dengan bentuk yang sama. Kajang tersebut diberi hiasan yang berbeda-beda. Ada juga kajang yang dihiasi dengan meriam dari bambu. Di dalam kajang tersedia ruang bagi penghulu, musik talempong dan hiasan-hiasan. Acara Bakajang digelar lima hari berturut-turut dan berlangsung secara bergilir dari satu jorong ke jorong yang lain

Substansi dari perayaan ini adalah mengunjungi penghulu yang berkedudukan di Istana. Istana yang dimaksud pada perayaan ini adalah musholla kecil yang ada di sepanjang pinggiran sungai. Acara yang digelar saat Bajakang yaitu pidato dan prosesi adat serta berbagai lomba yang berkaitan dengan air.
Bagi yang belum pernah pernah melihat Bakajang, sempatkan mampir untuk melihatnya. Selain melihat Bakajang, bisa juga mendaki Gunung Sago di Kabupaten Lima Puluh Kota Payakumbuh untuk melihat pemandangan alam di puncak gunung.(pelangiholiday.com)
Copyright © 2015 Wisata, Kuliner dan Budaya Sumatera Barat