Saturday 14 March 2015

Keindahan di Bukit Nobita


Bukit Nobita terletak di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung. Tepatnya dari simpang Kampung Jua, antara Perempatan Lubuk Begalung dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Sangat mudah akses untuk menuju kesana. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuh hanya sekitar 15 menit dari jalan By Pass, Padang. Setibanya disana terdapat parkir yang tersedia di halaman rumah penduduk dan dijaga pemuda setempat. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5 ribu, kendaraan Anda dijamin aman. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tidak terlalu jauh, hanya berjarak selemparan batu dari daerah pemukiman.

Suasana Bukit Nobita ini terbilang masih asri, jalan-jalannya diselimuti semak-semak belukar karena belum begitu terjamah banyak orang. Keindahan Kota Padang jelas terlihat dari bukit ini. Kerlap-kerlip lampu di malam hari sungguh menambah eksotiknya Bukit Nobita. Tapi kalau mendengar nama Nobita jadi teringat dengan Tokoh serial kartun dari jepang yaitu Doraemon. Memang tidak salah, namun dalam hal ini, yang dibicarakan adalah Nobita yang berbeda. Nobita di sini adalah nama bukit yang ada di Padang, Sumatera Barat.

Tahukah Anda nama bukit Nobita dulunya adalah ‘Bukit Batu Jarang’ dan ‘Tungku Tigo Sajarangan’. Penamaan Bukit Nobita berawal dari Mahasiswa Universitas Andalas Padang yang datang kesini, yang mengatakan kalau pemandangan dari atas bukit itu mirip seperti pemandangan bukit belakang sekolah Nobita, kemudian diusulkanlah nama bukit itu menjadi Bukit Nobita. Mereka mengabadikan nama itu, sehingga menjadi populer dikalangan masyarakat. Hingga saat ini, Bukit Nobita menjadi tempat wisata ramai kunjungi, terutama kalangan muda-mudi. Nyaris tidak ada di antara mereka yang datang melewatkan momennya untuk berfoto selfie bareng teman-teman dan pasangan.

Copyright © 2015 Wisata, Kuliner dan Budaya Sumatera Barat