Saturday 14 March 2015

Sanjai oleh-oleh khas Bukittinggi


Sebutan Sanjai berasal dari nama sebuah jalan atau daerah di bagian utara Kota Bukittinggi. Jalan Sanjai ini terletak di Desa Manggis, Kelurahan Manggis Gantiang Sanjai, Kota Bukittinggi. Hampir seluruh penduduk yang bermukim di daerah tersebut berprofesi sebagai pengrajin keripik singkong. Daerah Sanjai merupakan daerah yang dipercayai sebagai asal persebaran industri keripik singkong di Bukittinggi .

Menurut sejarahnya, memang warga Sanjai yang pertama kali memproduksi jenis keripik singkong di daerah sekitar Bukittinggi. Usaha keripik di Jalan Sanjai ini diperkirakan mulai muncul sekitar tahun 1970-an.

Pembuatan keripik sanjai yang berbahan dasar singkong ini sebenarnya terbilang mudah. Seperti keripik yang berasa asin serta memiliki warna kuning dibuat dengan cara merendamkan potongan keripik singkong ke bumbu yang telah dicampur bersama kunyit, garam, bawang putih, kemudian di goreng. Ada juga keripik singkong yang memiliki rasa pedas karena dibumbui saus gula yang terbuat dari cabe, bawang merah, bawang putih, serta gula pasir. Saus tersebut dioles menggunakan kuas pada permukaan keripik yang sebelumnya telah digoreng setelah itu dikeringkan.

Seiring meningkatnya popularitas penganan ini sebagai oleh-oleh khas Bukittinggi, bermunculan pula produsen keripik singkong di daerah-daerah lain, bahkan hingga menyebar ke seantero ranah Minangkabau. Uniknya, nama sanjai pun akhirnya menjadi sebutan umum untuk jenis keripik singkong asal Bukittinggi ini.

Semakin ingginya persaingan antar sesama produsen berdampak munculnya varian rasa dan bentuk baru keripik singkong ini. Ada yang berbentuk stik, kemudian ada juga yang berbumbu cabai kering, selain itu ada juga yang membuat variasi berbahan dasar singkong lainnya yaitu dakak dakak. Keripik singkong yang dipotong seperti dadu dengan ukuran lebih kurang 1 cm kemudian digoreng kering. Semua varian tersebut menambah keragaman cita rasa kuliner khas kota wisata ini.

Copyright © 2015 Wisata, Kuliner dan Budaya Sumatera Barat